Tiga Tema Debat Perdana Pilkada DKI

Damar Iradat    •    Selasa, 10 Jan 2017 13:16 WIB
pilgub dki 2017
Tiga Tema Debat Perdana Pilkada DKI
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Dahlia Umar -- ANT/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Debat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta bakal dilangsungkan pada 13 Januari 2017. Debat perdana ini akan membahas tiga pokok permasalahan.

"Tiga permasalahan, yakni permasalahan sosial ekonomi, lingkungan dan transportasi, serta pendidikan dan keamanan warga," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Dahlia Umar di kantornya, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2017).

KPU DKI, lanjut Dahlia, akan menunjuk moderator untuk mengatur alur debat yang harus mengangkat tiga tema itu. Nantinya, moderator akan mengajukan pertanyaan yang kerangka permasalahannya sudah dirumuskan KPU DKI bersama empat panelis.

Pasangan calon akan diberi waktu untuk menjawab pertanyaan moderator. Tidak hanya itu, antara pasangan calon juga bisa saling melempar pertanyaan.

Moderator, tambah Dahlia, juga harus mampu menggali lebih dalam tentang ide, gagasan, dan visi misi program paslon. Sehingga, debat tidak hanya membahas hal-hal yang sifatnya di permukaan.

"Betul-betul menggali sejauh mana kompetensi dan kapasitas pasangan calon itu bisa terlihat bagaimana menyelesaikan permasalahan," tutur dia.

Dahlia berharap, penyelenggaraan debat bisa memberikan gambaran tentang kualitas paslon secara mendalam kepada pemilih. Debat juga bisa menjadi media bagi para calon pemilih yang belum menentukan pilihan.

Menurut Dahlia, debat tidak hanya membandingkan kompetensi dan kapasitas paslon. Namun, juga dapat menampilkan karakter paslon secara langsung. Para pemilih pun dapat melihat bagaimana paslon mengelola emosi dan kedewasaan ketika berbeda pendapat.

"Itu saya kira bisa jadi referensi bagi pemilih," pungkasnya.

Debat perdana cagub dan cawagub DKI bakal dilangsungkan pada Jumat, 13 Januari 2017, pukul 20.00-22.00 WIB. Debat akan disiarkan langsung oleh tiga stasiun televisi swasta, yakni TV One, Jawa Pos TV, dan Net TV.

Acara debat akan dimoderatori oleh Ira Kuesno, jurnalis senior sekaligus penyiar di salah satu stasiun televisi berita. Jika Ira berhalangan hadir, KPU DKI telah menyiapkan penggantinya, yakni sosiolog Imam B. Prasodjo.


(NIN)