Trik Jitu Ridwan Kamil Mengatasi Korupsi

   •    Senin, 12 Mar 2018 20:46 WIB
pilgub jabar 2018
Trik Jitu Ridwan Kamil Mengatasi Korupsi
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Antara/Widodo

Bandung: Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki cara sendiri untuk mengatasi korupsi di Jawa Barat. Di antaranya membuat aplikasi antikorupsi.
 
"Kota Bandung memiliki semangat kepemimpinan yang baik dan teladan. Kami membentuk tim insiyur tim diskresi, tim CSR. Tujuannya, agar tidak ada hubungan langsung dengan kepala daerah. Itu untuk membentengi korupsi," kata  Ridwan Kamil saat debat kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di Gedung Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin, 12 Maret 2018.
 
Ridwan Kamil menegaskan, selama menjadi Wali Kota Bandung, pihaknya sudah memiliki sejumlah aplikasi. Di antaranya, aplikasi hibah, periizinan online dan sistem bugeting yang baik. "KPK sudah mengkopi apa yang kami lakukan," ujarnya.
 
Jika terpilih, Ridwan Kamil akan mewajibkan semua bawahannya menggunakan sistem aplikasi antikorupsi tersebut. "Aplikasi itu sekarang sudah dipakai KPK," kata Ridwan Kamil.
 
Terkait proyek,  Ridwan Kamil sudah mempunyai sistem dan bisa dibangun. "Siapa pun boleh ikut proyek pemerintah. Syaratnya, memenuhi syarat hukum dan tidak ada yang dilanggar dalam proses lelang," ujarnya.
 
Selain itu, Ridwan kamil memiliki sistem online lelang yang akan jadi percontohan nasional. "Kami punya sistem e-catalog. Dengan semua itu KKN bisa kita lawan," katanya.
 
Ridwan Kamil mengakui akan ada konflik moril dan batin di kalangan yang tidak biasa menjalan itu. Namun, kata Ridwan, hal itu lebih baik dari pada menyalahi aturan.


(FZN)