Demokrat Nilai Masalah Legalisasi Ijazah Politis

Intan Yunelia    •    Selasa, 13 Feb 2018 18:42 WIB
pilkada 2018pilgub sumut 2018
Demokrat Nilai Masalah Legalisasi Ijazah Politis
Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumut JR Saragih (kiri) dan Ance Selian (kedua kanan). Foto: Antara/Irsan Mulyadi.

Jakarta: Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menilai kendala legalisasi ijazah bakal calon gubernur Sumatera Utara, J.R. Saragih, politis. Masalah ini membuat Saragih batal ikut pilkada.

“(Keputusan) ini sedikit tercampur dengan permasalahan politik,” kata Agus di Gedung Nusantara II, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Februari 2018.

Menurut dia, ijazah SMA yang dimiliki calon yang diusung Demokrat itu asli. Saragih purnawirawan TNI. Dia yakin ijazah Saragih sudah diverifikasi ketika melamar sebagai tentara.

“Sekarang dituntut legalisasi. Sekolahnya sudah tidak ada. Ini tugas dinas pendidikan. Namun, dinas kelihatannya mempersulit sehingga proses leglalisasi terkendala," ungkap Agus.

Baca: Edy-Musa Nomor 1, Djarot-Sihar Nomor 2

Permasalahan ini, kata dia, harus diluruskan sehingga persoalan pilkada tidak tercemar masalah kepentingan. Pihak terkait harus memberikan hak terbaik kepada rakyat Indonesia dalam memilih maupun dipilih.

“Kita harus memberikan nuansa yang bagus pada pilkada ini. Sehingga kita berikan hal yang kondusif untuk rakyat Indonesia dalam melaksanakan hak dan kewajibannya,” pungkas Agus.





(OGI)