Minahasa Butuh Kepala Daerah yang Inovatif

Mulyadi Pontororing    •    Rabu, 19 Jul 2017 16:09 WIB
pilkada 2018
Minahasa Butuh Kepala Daerah yang Inovatif
Pengamat politik dari Universitas Sam Ratulangi Michael Mamentu -- istimewa

Metrotvnews.com, Manado: Pertarungann politik pada Pilkada 2018 di Sulawesi Utara diprediksi seperti yang sudah-sudah. Para kandidat tidak banyak menyodorkan program-program yang membuat banyak perubahan di daerah.

"Mereka hanya memanfaatkan ketenaran figur dan kekuatan politik partai pengusung," kata pengamat politik dari Universitas Sam Ratulangi Michael Mamentu di Manado, Rabu 19 Juli 2017.

Michael mencontohkan Kabupaten Minahasa yang memiliki kondisi demografi cukup sulit dikembangkan. Menurutnya, dibutuhkan seorang kepala daerah yang kreatif dan inovatif untuk memimpin Minahasa.

"Sejak dulu sampai sekarang wilayah Minahasa tak ada nilai jual. Apa yang ditawarkan Minahasa? Tidak ada," kata Michael.

Seharusnya, lanjut Michael, figur yang maju untuk memimpin Minahasa berani dalam inovasi. Sehingga, mampu membangun Minahasa ke arah lebih baik demi kepentingan masyarakat.

Namun, para bakal calon yang belakangan santer terdengar akan maju di Pilkada Minahasa dinilai Michael hanya memanfaatkan nama dan tabungan politiknya saja. Sementara, program membangun daerah seakan di-nomor-tiga-kan.

"Dari bidang pembangunan hingga PAD (pendapatan asli daerah), tak ada yang menonjol di Mianhasa. Ini yang seharusnya dilihat dan menjadi jualan utama saat Pilkada dan Dan tentunya harus dilaksanakan saat terpilih," kata Michael.

Selama ini, tambah Michael, bupati di Minahasa hanya sekadar menjalankan tugas-tugas seperti seorang birokrat. "Seorang pemimpin, dalam hal ini seorang bupati, seharusnya jangan berpikir seperti birokrat yang hanya menjalankan tugas sesuai protokol dan mengurus hal-hal yang administratif saja. Bupati harus inovatif, kreatif serta berani. Agar wilayahnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," kritiknya.

Menurut Michael, kondisi serupa juga banyak terjadi di daerah lain. Meskipun beberapa daerah memang terlihat kemajuannya, seperti Tomohon.


(NIN)