Edy: Pembangunan Sumut Berkeadilan Harus Menyeluruh

Damar Iradat    •    Sabtu, 12 May 2018 19:54 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Edy: Pembangunan Sumut Berkeadilan Harus Menyeluruh
Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi--Medcom.id/Arga Sumantri

Medan: Calon Gubernur Sumatera Utara nomor urut 1, Edy Rahmayadi mengatakan, pembangunan berkeadilan harus dilakukan secara menyeluruh. Hal ini harus didukung dengan melibatkan aspek ekonomi maupun nonekonomi. 

"Kami melihat pembangunan berkeadilan dan kesetaraan suatu proses secara menyeluruh, utuh, dengan melibatkan aspek ekonomi dan nonekonomi," kata Edy Rahmayadi dalam debat Publik Kedua Pilkada Sumatera Utara 2018 di Hotel Adi Mulia, Jalan Diponegoro, Medan, Sabtu, 12 Mei 2018.

Menurut mantan Pangkostrad itu mengatakan, aspek ekonomi termasuk sumber potensi wilayah yang berlimpah, modal, dan organisasi. Sementara itu, aspek nonekonomi adalah sumber daya manusia, sosial budaya, dan politik. 

Lebih lanjut, Edy menyebut, dilihat dari rasio gini Sumut pada tahun 2017 ketimpangan di Sumut memang cukup rendah. Namun, menurutnya, ada hal-hal yang harus diwaspadai oleh Sumut ke depannya. 

"Penduduk miskin di Sumut periode 2017 kurang lebih 1,4 juta jiwa, dan pengangguran 2017 di sumut 5,60 persen, lebih besar dari pengangguran nasional," klaim Edy.

"Bercermin dari kondisi ini, kami Eramas (Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah), menyiapkan konsep untuk menyelesaikan permasalahan ini," lanjutnya.


(DMR)