Surya Paloh Sarankan Khofifah Segera Mundur dari Kabinet

   •    Minggu, 03 Dec 2017 08:21 WIB
pilgub jatim 2018
Surya Paloh Sarankan Khofifah Segera Mundur dari Kabinet
Mensos Khofifah Indar Parawansa/MI/Adam Dwi

Palangkaraya: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh meyakini Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa segera mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Khofifah telah memastikan menjadi calon gubernur pada Pilkda Jatim 2018.

"Saya pikir Khofifah akan melakukan itu," Kata Surya seperti dilansir Antara, Minggu, 3 Desember 2017.

Surya menyarankan Khofifah tak hanya mengambil cuti. Secara etika, tegas Surya, mengundurkan diri akan lebih baik meskipun tak ada aturan resmi soal itu. Sebab, aktivitas kampanye bersama pasangannya, Bupati Trenggalek Emil Dardak akan menyita waktu.

Khofifah memang telah menyerahkan surat izin kepada Presiden Joko Widodo. Surat itu pun telah sampai di meja Kepala Negara.

Baca: Jokowi Sudah Terima Surat Khofifah
 
Namun, Surya mengaku sepakat dengan Wapres Jusuf Kalla yang menyatakan Khofifah lebih baik fokus pada Pilkda Serentak 2018 agar tak merangkap jabatan.

Khofifah resmi menyatakan maju dan menggandeng Emil Dardak. Ia sudah memiliki cukup dukungan sebagai syarat minimal kursi DPRD.

Ketua Umum PP Muslimat NU itu diusung Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Khofifah-Emil akan bertarung dengan Gus Ipul yang berpasangan dengan Bupati Banyuwangi Azwar Anas. Gus Ipul dan Azwar Anas telah mengantongi dukungan dari PKB dan PDI Perjuangan.


(OJE)