KPU Depok Imbau Warga Cepat Balik Mudik

Antara    •    Kamis, 24 May 2018 10:46 WIB
pilgub jabar 2018
KPU Depok Imbau Warga Cepat Balik Mudik
Ilustrasi--medcom.id

Depok: Warga Depok diharapkan dapat mempersiapkan dengan matang waktu mudik Idul Fitri 1439 H. Jangan sampai tidak menggunakan hak pilihnya di Pilgub Jabar 2018. 

Perayaan Idul Fitri 2018 diperkirakan jatuh pada 16-17 Juni, sedangkan hari pencoblosan Pilgub Jabar dilaksanakan pada 27 Juni 2018.

"Susah juga ya, karena mudik itu kan tradisi yang kami tidak bisa melarang, saya cuma bisa mengimbau agar cepat balik kembali," kata Komisioner KPU
Kota Depok, Nurhadi di Depok, Rabu, 23 Mei 2018.

Karena itu, kata Nurhadi, sejak jauh-jauh hari KPU telah menginformasikan tentang situasi tersebut. Termasuk ke Pemkot Depok, camat, dan lurah untuk bisa melakukan sosialisasi pelaksanaan Pilgub Jabar kepada masyarakat.

"Tingkat partisipasi pemilih menjadi salah satu isu yang tidak boleh dipandang sebelah mata pada tiap perhelatan pesta demokrasi," imbuhnya.

Nurhadi berharap jarak Pilgub yang berdekatan dengan Pileg dan Pilpres 2019 dapat meningkatkan partisipasi pemilih. "Kami berharap ada tren meningkat dari sisi partisipasi, pada 2019 ada Pemilu legislatif dan Pemilihan presiden," terangnya.

Baca: Debat Publik Ketiga Pilgub Jabar Kedepankan Persaudaraan

Pilgub Jabar akan diikuti oleh empat pasangan calon, yaitu Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum yang diusung Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura mendapatkan nomor urut 1. Pasangan Hasanuddin dan Anton Charliyan yang didukung oleh PDIP mendapat nomor urut 2.

Kemudian Pasangan calon Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang diusung oleh PKS, PAN, dan Gerindra menempati nomor urut 3. Berikutnya pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang didukung oleh Golkar dan Demokrat mendapat nomor urut 4.

Komisi Pemilihan Umum Kota Depok, Jawa Barat, menetapkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub Jawa Barat sebanyak 1.155.477 orang.


(YDH)