Surat Suara Pilbup Tegal bakal Dicetak Ulang

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 17 May 2018 20:06 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Surat Suara Pilbup Tegal bakal Dicetak Ulang
Almarhum Enthus Susmono saat mendalang. (MI/Supardji Rasban)

Tegal: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal bakal mencetak ulang surat suara pemilihan bupati-wakil bupati (Pilbup) Tegal. Surat suara sebanyak 1.171.029 lembar ditambah 2,5 persen yang sudah tercetak tak bisa digunakan lantaran calon bupati Enthus Susmono meninggal.

"Surat suara yang sudah dicetak terpaksa tidak dipakai. Nanti kami akan mencetak lagi," kata Ketua KPU Kabupaten Tegal, Sukartono, Kamis, 17 Mei 2018.

Sukartono mengemukakan surat suara yang sudah dicetak semestinya disortir dan dilipat mulai Sabtu 19 Mei. Namun hal itu tidak bisa dilakukan karena calon bupati nomor urut 3 itu meninggal.

"Kami masih menunggu calon pengganti Enthus," ucapnya.

Selain surat suara, KPU juga harus kembali melakukan pengadaan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye‎ (BK) paslon setelah nantinya calon pengganti sudah ditetapkan. Termasuk juga bahan sosialisasi pelaksanaan pilkada kepada masyarakat.

"Untuk lain-lain, seperti APK, BK, kami melakukan revisi anggaran pilkada dari dana hibah yang kami terima dari pemerintah daerah sebesar Rp24 miliar. ‎Insya Allah dengan melihat ketersediaan anggaran, segala sesuatunya tidak ada persoalan dan kendala berarti," terangnya.

‎Menurutnya, ‎anggaran untuk pengadaan kembali surat suara, APK, dan BK dipastikan tidak menjadi kendala karena sebelumnya anggaran yang diterima KPU diasumsikan untuk lima paslon yang akan mengikuti pilbup Tegal.

"Tentunya revisi itu kami lakukan, karena salah satunya dari RAB awal kami menganggarkan untuk lima paslon. Kemudian pada pelaksanaan yang kami tetapkan hanya tiga paslon. Otomatis anggaran untuk dua paslon yang meliputi anggaran APK dan BK bisa kami revisi untuk pengadaan APK maupun BK serta surat suara sambil menunggu calon pengganti dari PKB,"‎ pungkasnya. 

Caption: Ilustrasi / Proses pencetakan surat suara pilkada Brebes, di Klaten, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)


(ALB)