Penetapan Hasil Pilgub Sulsel Tunggu KPU RI

Andi Aan Pranata    •    Senin, 23 Jul 2018 13:11 WIB
pilgub sulsel 2018
Penetapan Hasil Pilgub Sulsel Tunggu KPU RI
ilustrasi-medcom.id

Makassar: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan hingga kini belum menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih Pemilihan Gubernur tahun 2018. Komisioner menunggu surat resmi dari KPU RI seputar gugatan hasil Pilgub di Mahkamah Konstitusi.

Sejauh ini belum ada gugatan terhadap hasil Pilgub Sulsel. Meski begitu, sesuai prosedur, KPU tetap menunggu pengumuman dari MK. Gugatan terkait hasil Pilkada Serentak, agendanya, dimasukkan kedalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) pada hari ini, Senin, 23 Juli 2018.

"Kita belum tetapkan (hasil Pilgub Sulsel) karena menunggu surat pemberitahuan dari KPU RI. Kalau sudah ada, segera digelar rapat pleno," kata Komisioner KPU Sulsel Asram Jaya di Makassar, Senin, 23 Juli.

KPU Sulsel telah menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil Pilgub Sulsel pada 8-9 Juli. Menurut hasil penghitungan suara di 24 kabupaten, pasangan calon Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman meraih dukungan terbanyak, dengan total 1.867.303 suara. Dia unggul atas pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar, yang meraih 1.162.751 jumlah dukungan.

Hasil penghitungan menempatkan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar di peringkat ketiga, dengan 807.330 suara. Lalu pasangan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo didukung 419.055 suara.

Sebelumnya Nurdin Abdullah telah menyampaikan pidato kemenangan. Dia berterima kasih atas kerja para relawan dan tim pemenangan yang disebut telah bekerja keras menggalang dukungan.

"Terima kasih kepada parpol pengusung, kepada semua relawan. Ini bukan kemenangan kita, tapi kemenangan seluruh masyarakat Sulsel," kata Nurdin Abdullah usai pemungutan suara pada 27 Juni.


(LDS)