KPU Jadikan Data KPK Sebagai Rujukan Verifikasi Caleg

Faisal Abdalla    •    Jumat, 06 Jul 2018 17:38 WIB
pilkada serentak
KPU Jadikan Data KPK Sebagai Rujukan Verifikasi Caleg
Ilustrasi KPU - MI/Ramdani.

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengembalikan berkas bakal caleg yang tak lolos tahapan verifikasi. KPU merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 dalam melakukan tahapan verifikasi.

Pasal 7 ayat (1) huruf h PKPU Nomor 20 Tahun 2018, KPU mensyaratkan caleg bukan mantan terpidana bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, atau korupsi.

"Terkait terpidana korupsi, KPK akan menyerahkan daftarnya pada kami. Kami berharap KPK bisa lebih cepat menyerahkan data itu," kata Komisioner KPU, Viryan Azis kepada wartawan, Jumat, 6 Juli 2018.

Viryan mengatakan, data KPK akan jadi salah satu rujukan dalam proses verifikasi untuk menentukan seseorang memenuhi syarat menjadi caleg atau tidak. Jika tidak lolos, KPU akan mengembalikan berkas yang bersangkutan.

Meski begitu, Viryan mengatakan dalam penyelenggaraan pemilu masih kerap ditemui berkas calon yang tak sesuai persyaratan. Ia memastikan berkas calon yang tak sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam PKPU tak akan lolos tahap verifikasi.

"Jika pada kegiatan verifikasi ditemukan data seperti itu, maka akan diklarifkasi dan dikembalikan," pungkas Viryan.

Terkait dengan data dari KPK, KPU berharap data itu bisa diterima sebelum tahapan verifikasi berkas dimulai.

"Sepengetahuan kami KPK sedang menyiapkan dokumen-dokumen tersebut," pungkas Viryan.


(DEN)