NasDem hanya `Bermain` pada Cawagub di Jatim

Ilham wibowo    •    Rabu, 19 Jul 2017 15:26 WIB
pilkada 2018
NasDem hanya `Bermain` pada Cawagub di Jatim
Ilustrasi--Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem tak mau muluk-muluk. Mereka hanya akan menyorongkan kader sebagai calon wakil gubenur (Cawagub) pada Pilkada Jawa Timur 2018.

Ketua DPP NasDem Taufiqulhadi mengatakan, dukungan partai untuk cagub Jatim disetujui akan diberikan kepada satu di antara dua tokoh Nahdlatul Ulama (NU): Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa. Gus Ipul kini sudah mengantongi dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Kami belum memutuskan, tapi kami memberikan perhatian terhadap nama-nama yang telah muncul (Gus Ipul dan Khofifah)," kata Taufiq saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu 19 Juli 2018.

NasDem masih akan memantau manuver Khofifah. Kalau semuanya oke, menurut Taufiq, "Itu menjadi bahan pertimbangan kami".

Taufiq mengungkapkan, kesepakatan tersebut yakni mampu memadukan kader internal Partai NasDem dengan Cagub yang akan diusung. Sementara ini, baru nama Hasan Aminuddin yang santer akan diproyeksikan sebagai calon wakil gubernur dari Partai NasDem.

"Kalau kami mengambil posisi mendukung posisi gubernur dari pihak luar, mungkin sejauh mana memungkinkan bagaimana kader sendiri bisa untuk posisi untuk orang kedua," ujar Taufiq.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dimulai Oktober tahun ini. Ada 171 pilkada yang pemungutan suaranya pada 27 Juni 2018.


(YDH)