Ridwan Kamil Tekankan Pentingnya Akuntabailitas Kinerja

   •    Senin, 12 Mar 2018 21:47 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Tekankan Pentingnya Akuntabailitas Kinerja
Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: MI/Bary Fathahilah

Bandung: Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan pentingnya akuntabilitas kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam menggunakan anggaran. Sebab, banyak APBD yang keluar tapi tidak dapat dirasakan masyarakat.
 
"Ada 26 kota kabupaten di Jawa Barat, kami punya rumus aplikasi untuk membimbing dan mewajibkan SKPD menggunakan sistem itu," kata Ridwan Kamil saat debat kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di Gedung Sabuga, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Senin, 12 Maret 2018.
 
Ridwan Kamil mengungkapkan, rata-rata nilai akuntabilitas di kota, kabupaten, provinsi di Indonesia C. "Akuntabalitas kinerja C artinya APBD dibelanjakan tapi tidak kelihatakan hasilnya. Kami tidak mau main-main dalam mengelola anggaran, harus tepat dan bermanfaat bisa dirasakan masyarakat," ujarnya.
 
Menurut Ridwan Kamil, kepala daerah harus mengetahui secara detail anggaran yang akan digunakan dan program yang dijalankan. "Kalau ada kepala daerah, wali kota atau bupati tidak nurut ya kita kurangi bantuannya," katanya.


(FZN)