PPP Dorong Ridwan Kamil Tentukan Wakil Sendiri

Roni Kurniawan    •    Jumat, 01 Dec 2017 15:51 WIB
pilgub jabar 2018
PPP Dorong Ridwan Kamil Tentukan Wakil Sendiri
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Foto:Ramdani/MI)

Bandung: Bakal Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) dituntut untuk memilih sendiri bakal calon wakil gubernur tanpa melakukan konvensi atau menyerahkan ke musyawarah koalisi partai pengusung. Pasalnya dengan pilihan sendiri, Emil diyakini akan mengetahui karakter pendampingnya untuk bertarung si Pilgub Jabar 2018 mendatang.

Menurut Ketua Bidang Pemenangan Jawa Barat DPP PPP Dayat Hidayat, Emil tidak menyerahkan penetapan calon wakil gubernur kepada partai pengusung yakni NasDem, PKB, PPP dan Golkar. Pasalnya ia mensinyalir cara konvensi tidak akan menemui titik temu, atau menemukan calon pendamping yang sesuai.

"PPP harga mati ingin Kang Uu, begitupun Golkar ingin Daniel. Jadi ini enggak akan ketemu," ujar Dayat di Bandung, Jumat 1 Desember 2017.

Dengan memilih sendiri pun, Emil diyakini bisa menilai obyektif kandidat calon wakil guberner yang dianggap paling tepat dengannya. Pasalnya jika melalui konvensi, ia memprediksi tidak ada yang bisa menilai kandidat tersebut cocok atau tidak bagi Emil.

"Kalau konvensi, siapa yang memberi penilaian bahwa calon ini tidak disukai Kang Emil?" cetusnya.

Oleh karena itu, ia menegaskan Emil harus berani menggunakan hak prerogatif dalam memilih calon wakil gubernur. Terlebih kandidat yang dipilih Emil akan bahu membahu untuk membangun Jabar dalam jangka lima tahun jika menang dalam Pilgub Jabar.

"Ruang ini harus diselesaikan Kang Emil. Kang Emil yang menentukan, bukan partai pengusung. Siapa yang cocok menurut dia dan siapa yang ratingnya paling baik berdasarkan hasil survei," pungkasnya.

Sementara itu, dari empat partai pengusung Emil, hanya NasDem yang tidak mengusulkan kadernya untuk maju menjadi calon wakil gubernur.

Sedangkan tiga partai kainnya PKB, PPP dan Golkar, masing-masing mengusungkan kadernya untuk menjadi pendamping Emil.


(ALB)