DPT Kota Tangerang Diperkirakan Mencapai 1,5 Juta Jiwa

Farhan Dwitama    •    Jumat, 22 Sep 2017 15:29 WIB
pilkada 2018
DPT Kota Tangerang Diperkirakan Mencapai 1,5 Juta Jiwa
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan (kanan) -- MTVN/Farhan Dwitama

Metrotvnews.com, Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang memperkirakan, daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Tangerang mencapai 1,5 juta saat pilkada 2018. Saat ini, tercatat ada 1.227.914 pemilih di Kota Tangerang.

"Kami telah mempersiapkan data pemilih sampai 1,5 juta, karena penduduk Kota Tangerang ini sangat dinamis," kata Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane di Tangerang, Banten, Jumat 22 September 2017.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan menjelaskan, pemilik hak suara pada pilkada 2018 tetap bisa menggunakan hal pilihnya meski belum memegang Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Warga yang belum memiliki KTP-el cukup menunjukkan surat keterangan (suket) yang dikeluarkan DisDukcapil Kota Tangerang.

"Suket tak bisa dipalsukan. Tapi, suket ini hanya dikeluarkan bagi warga yang telah melakukan perekaman KTP-el," ucap Erlan.

Menurut Erlan, saat ini jumlah penduduk Kota Tangerang mencapai 2 juta. Sementara, warga yang memiliki KTP-el baru 1.206.288 jiwa.

"Saat Pilgub Banten 2016, DPT sebanyak 1.127.941 orang. Untuk Pilkada Kota Tangerang 2018, diperkirakan akan bertambah," lanjut Erlan.

Penambahan pemilih disebabkan banyaknya warga yang masuk ke Kota Tangerang. "Setiap hari, 150 orang mengurus pembuatan dokumen baru kependudukannya di Kota Tangerang. Sementara, yang pindah domisili dari Kota Tangerang setiap harinya ada 130-an," ucap Erlan.

Dinas Dukcapil Kota Tangerang, lanjut Erlan, akan membantu KPUD Kota Tangerang dengan memberikan data kependudukan yang valid. Sehingga, pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang 2018 bisa diiukti semua warga Kota Tangerang.


(NIN)