PDI-P Lamar Nurdin Halid jadi Kandidat Gubernur Sulsel

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 06 Jun 2017 17:31 WIB
pilkada 2018
PDI-P Lamar Nurdin Halid jadi Kandidat Gubernur Sulsel
Penyerahan berkas formulir bakal calon gubernur dari PDI-P kepada Nurdin halid. (Dok. PDI-P Sulsel)

Metrotvnews.com, Makassar: Dewan Pimpinan Daerah PDI-Perjuangan Sulawesi Selatan memilih Ketua DPD I Golkar Sulsel Nurdin halid sebagai salah satu kandidat calon gubernur. Nurdin mendapat keistimewaan di PDI-P karena tidak melalui proses pendaftaran sebagaimana prosedur umum.

Sebaliknya, pengurus PDI-P yang membawakannya formulir pendaftaran sebagai bakal calon. Formulir tersebut diantarkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI-P Sulsel Iqbal Arifin, di kediaman Nurdin Halid, Jalan Mappala Makassar, Sulsel, Senin malam, 5 Juni.

Baca: Nurdin Halid Kandidat Utama Golkar di Pilkada Sulsel

“PDI-P mendatangi Nurdin Halid karena dianggap memiliki peluang menang di Pilgub (pemilihan gubernur) Sulsel,” kata Iqbal Arifin di Makassar, Selasa, 6 Juni.

Iqbal menjelaskan, partainya menempuh dua cara dalam menjaring kandidat calon kepala daerah. Yakni melalui pendaftaran terbuka, serta sistem ‘jemput bola’. Yang terakhir merupakan pola penjajakan khusus, dimana pengurus partai mendatangi sejumlah tokoh yang dianggap cukup layak untuk didorong sebagai calon gubernur usungan.

Menurut Iqbal, Nurdin Halid memiliki potensi besar untuk memenangkan Pilgub Sulsel. Dengan 18 kursi di parlemen, Golkar sebagai partai asal Nurdin bisa mengusung bakal calon gubernur tanpa berkoalisi. Juga disebut punya basis massa yang kuat di masyarakat.

Selain itu, Nurdin juga dianggap punya kedekatan dengan tokoh-tokoh politik di ibukota. Sehingga strategi pemenangan di level elit akan lebih baik.

“Pak Nurdin sudah jalin komunikasi dengan beberapa menteri dari PDIP. Tentu itu akan berpengaruh pada pilihan parpol dalam menentukan beliau ke depan,” ujar Iqbal.

Sejauh ini PDI-P Sulsel baru menerapkan sistem jemput bola terhadap dua kandidat calon gubernur. Sebelumnya mereka juga mendatangi Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah. Nantinya, DPP yang akan menentukan bakal calon usungan partai di pilgub.

"Setelah pendaftaran, kami verifikasi semua berkas kandidat untuk dilaporkan ke atas," Iqbal menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemliu Partai Golkar Sulsel Kadir Halid menegaskan Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Nurdin Halid bakal menjadi kandidat utama dalam Pilgub Sulsel 2018.


(SAN)