Tiga Kesepakatan Surya Paloh-Ridwan Kamil

Roni Kurniawan    •    Minggu, 19 Mar 2017 11:30 WIB
pilkada jabar
Tiga Kesepakatan Surya Paloh-Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Foto: MTVN/Roni Kurniawan.

Metrotvnews.com, Bandung: Partai NasDem menjagokan Wali Kota Ridwan Kamil untuk maju dalam pemilihan gubernur Jawa Barat 2018. Namun, ada tiga syarat dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk Ridwan dalam memperebutkan kursi Jawa Barat 1 itu.

"Pertama, apabila rakyat telah memberikan amanah dan menempatkan Ridwan Kamil sebagai gubernur definitif Jawa Barat, dalam melaksanakan fungsi, peran, dan tugas jabatan yang diemban, Ridwan Kamil harus bisa menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat Jawa Barat," kata Surya di kawasan di Monumen Bandung Lautan Api (Tegalega), Bandung, Jawa Barat, Minggu 19 Maret 2017.

Menurut dia, Kang Emil, sapaan Ridwan, harus menjaga semangat kemajemukan dan pluralisme dalam keseharian masyarakat Jabar. Sebagai sistem dan nilai ideologi bangsa, Pancasila tidak boleh digoyahkan oleh kekuatan apapun. 

Syarat kedua, sambung dia, Ridwan Kamil harus menjadi milik seluruh masyarakat dan partai politik ketika nantinya memimpin Jabar. Dengan demikian, Surya meminta kepada kang Emil untuk tidak bergabung dengan partai apa pun. "Termasuk partai NasDem," tegas dia. 

Hal ini dimaksudkan agar dalam menjalani tugas, Emil dapat terbebas dari intervensi politik dan kepentingan golongan. "Agar prioritas menjalankan amanah dan sumpah lebih terfokus bagi seluruh kemampuan dirinya untuk masyarakat Jabar," jelas Surya.

Baca: Surya Paloh Deklarasikan Ridwan Kamil sebagai Cagub Jabar

Terakhir, Emil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan di bawah dirinya. Dengan begitu, masyarakat diharap dapat memahami arti pembangunan nasional sekaligus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mempercepat proses pembangunan sekaligus persiapan pemilihan presiden 2019.

Terkait dengan cepatnya dukungan yang diberikan NasDem, Surya mengatakan hal itu sengaja dilakukan. "Itu memudahkan untuk mengantisipasi, hal-hal mana yang harus diperkuat dan mana yang harus dikoreksi," pungkas dia.




(OGI)