Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Hasil Pilkada 2017

Rudy Polycarpus    •    Jumat, 12 May 2017 19:02 WIB
pilkada serentak
Jokowi Lantik Gubernur-Wagub Hasil Pilkada 2017
Presiden Joko Widodo melantik lima gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada 2017. Foto: Biro Pers Setpres

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo melantik gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada Serentak 2017 di Istana Negara, Jakarta. Mereka bertugas di Banten, Bangka Belitung, Riau, Sulawesi Barat, Papua Barat, dan Gorontalo.

Pasangan gubernur dan wakil gubernur yang dilantik ialah Wahidin Alim-Andhika Hazrumy untuk Banten, Rusli Habibie-Idris Rahim untuk Gorontalo, Ali Baal Masdar-Enny Angraeni Anwar untuk Sulawesi Barat, Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fatah untuk Bangka Belitung, serta Dominggus Wandacan-Mohammad Lakotani untuk Papua Barat.

Acara pelantikan didahului dengan prosesi penyerahan petikan Keputusan Presiden tentang Pelantikan Kepala Daerah Terpilih pada pukul 15.30 WIB. Prosesi ini dilaksanakan di Istana Merdeka.

Setelah itu, Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memimpin barisan para kepala daerah tersebut berjalan dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Rombongan barisan tersebut dilengkapi dengan drumb band. Prosesi perjalanan ini diberi tajuk kirab budaya.


Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla diikuti Mendagri Tjahjo Kumolo melakukan kirab gubernur-wakil gubernur terpilih pada 2017. Foto: Biro Pers Setpres.

Prosesi pelantikan digelar pukul 16.00 WIB. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang pengangkatan para kepala daerah itu oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.

Usai pembacaan surat keputusan presiden, proses pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Hadir dalam upacara pelantikan tersebut Presiden ketiga RI B.J. Habibie, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, jajaran menteri Kabinet Kerja hingga pimpinan DPR RI dan MPR RI.

"Ini dilantik yang sudah selesai dulu pilkadanya dan ada kekosongan," ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seusai pelantikan, Jumat 12 Mei 2017.

Selain lima pasang kepala daerah tersebut, menurut Tjahjo, Jokowi juga melantik Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim. Posisi wakil gubernur kosong sejak Gubernur Riau Annas Maamun ditangkap anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Terpisah, Kepala Sekretariat Kepresidenan Darmansjah Djumala mengatakan, ada dua pesan yang ditonjolkan dari prosesi kirab budaya. Pesiden Jokowi, jelas Djumala, ingin menunjukkan rasa respek dan penghargaannya kepada gubernur dan wakil gubernur sebagai pemimpin daerah.

Presiden juga ingin mengingatkan bahwa pemerintah daerah tidak terpisah dengan pemerintah pusat. Pemerintah daerah merupakan wakil pemerintah pusat di penjuru Indonesia. "Kirab budaya itu menunjukan nilai-nilai sinergitas, mengayomi dan tanggung jawab," tandas Djumala.


(TRK)