Kalla Yakin Presiden Merestui Khofifah

Dheri Agriesta    •    Selasa, 17 Oct 2017 16:41 WIB
pilgub jatim 2018
Kalla Yakin Presiden Merestui Khofifah
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)--Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa hampir pasti mencalonkan diri sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Timur 2018. Wakil Presiden Jusuf Kalla yakin, Presiden Joko Widodo akan merestui niat Khofifah.

Kalla belum bertemu kembali dengan Khofifah. Pertemuan terakhir saat Khofifah mengutarakan niat maju kepada Presiden Jokowi dan Kalla.

"Saya baru sekali (komunikasi) sebulan lalu, tapi Presiden sudah tentu kalau sudah pasti (mencalonkan), pasti meloloskan," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa 17 Oktober 2017.

Pimpinan negara belum menyiapkan pengganti Khofifah di kabinet. Lantaran, Khofifah belum resmi mengajukan pengunduran diri kepada Presiden.

Baca: Nama Calon Pendamping Khofifah Beredar

Saat ditanyakan apakah pergantian kursi Menteri Sosial akan menyulut perombakan kabinet. Kalla menjawab diplomatis. Presiden, hanya akan mengisi kursi yang ditinggalkan. "Bukan merombak, mengisi. Nantilah itu, nanti lihat kenyataan dulu," jelas Kalla.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan melapor kepada Presiden Joko Widodo mengenai pencalonannya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Namun, pelaporan dilakukan setelah perundingan dengan sejumlah pihak tuntas.

"Biar ini selesai dulu. Nanti saya akan lapor ke Presiden setelah koordinasi partai selesai," kata Khofifah di Kompleks Parlemen, Senayan.

Khofifah juga enggan bicara tentang pengunduran dirinya. Khofifah belum berani memastikan apa-apa terkait nasibnya di kabinet. "Nanti dulu, kan saya masih berproses. Dengan partai juga sedang berproses," jelas Khofifah.


(YDH)