Kapolda Pastikan Netral di Pilgub Papua

Damar Iradat    •    Selasa, 10 Oct 2017 14:40 WIB
pilkada serentak
Kapolda Pastikan Netral di Pilgub Papua
Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar/MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Semarang: Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar memastikan polisi netral dalam Pemilihan Gubernur Papua 2018. Pernyataan itu dilontarkan menyusul wacana salah seorang perwira tinggi Polri, Irjen Paulus Waterpauw, akan maju dalam Pilgub Papua 2018.

"Kita harus punya komitmen bahwa siapa pun itu paslon, kedudukannya sama," tegas Boy di sela-sela Apel Kasatwil di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Selasa 10 Oktober 2017.

Boy mengatakan, Paulus harus mundur dari Korps Bhayangkara bila serius ingin maju. Ia memastikan eks anggota Polri yang maju dalam pilkada tidak akan mendapat perlakuan khusus.

Menurut Boy, semua pasangan calon harus setara di antara paslon lainnya. Kemanan setiap paslon harus dijamin.

Jajaran Polda pun telh diberi pemahaman soal itu. "Jadi, siapa pun mereka, apa pun latar belakangnya, dia adalah pasangan calon yang harus diperlakukan sama," ucap dia.

Irjen Paulus Waterpauw yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Utara telah mendaftarkan diri sebagai salah satu calon gubernur ke Partai Golkar. Ia resmi mendaftar ke Golkar medio Juni 2017.

Paulus tak menjelaskan alasannya maju di Pligub Papua. Namun, mantan Kapolda Papua itu yakin dengan kemampuan, tenaga, dan kesediannya sebagai calon pemimpin Papua.

Paulus mengaku keputusannya untuk maju Pilkada juga tergantung pimpinan. "Semua tergantung kepada izin pimpinan, jika mengizinkan saya akan maju, jika tidak, kita akan melihat langkah selanjutnya," jelas Paulus, beberapa waktu lalu.


(OJE)