Gerindra Nantikan Risma Jadi Pesaing Saifullah di Pilgub Jatim

Desi Angriani    •    Minggu, 11 Jun 2017 20:14 WIB
pilgub jatim 2018
Gerindra Nantikan Risma Jadi Pesaing Saifullah di Pilgub Jatim
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bersaksi di Mahkamah Konstitusi. Foto:Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Gerindra menanti keputusan PDI Perjuangan untuk mengusung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam pilgub Jawa Timur 2018. Risma dinilai kandidat paling kuat dalam menyaingi elektabilitas Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf.

"Gerindra mengusung Saifullah dan kami menunggu PDI-P mengusung Risma," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra bidang Penggalangan Massa, Ferry Juliantono di Hotel Morrissey, Menteng, Jakarta, Minggu 11 Juni 2017.

Ferry menilai, pilgub Jatim akan semeriah DKI bila Risma diusung sebagai cagub Jatim. Namun, kata dia, kepercayaan diri PDI P tengah tergerus setelah dua kali kalah, yakni dalam pilgub Banten dan pilgub DKI.

"Kita berharap Risma biar seru. Harusnya dengan angka tadi (hadil sirvei) bu Risma mungkin menang tapi saya kira PDIP enggak punya kepercayaan diri karena Banten dan DKI sudah kalah," ungkapnya.

Baca: Survei: Risma dan Khofifah Kandidat Populer di Cagub Jatim

Selain Gerindra, kata dia, PKB juga dipastikan mendukung Saifullah dalam pilgub Jatim. Sedangakan, PDI P dan Demokrat belum menentukan pilihan. 

Ferry mengatakan, pihaknya masih menunggu kemungkinan partai lain yang akan berkoalisi. Karena kemenangan dari kandidat yang diusung dinilai dapat menjadi gambaran capres yang akan menang dalam Pilpres 2019.

"Iya kan masih lama, memang seperti itu kita lihat nanti," tandasnya.

Baca: Peneliti: Kepentingan Politik Jokowi, SBY, dan Prabowo Pengaruhi Pilgub Jatim

Sekjen PDI P Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya masih menimbang kandidat yang akan diusung dalam pilgub Jatim. PDI P membuka pintu untuk berkoalisi dengan partai manapun dan empat kandidat terkuat diklaim memiliki kedekatan denga partainya.

"Sekali bersikap kita enggak akan bergeser, kita juga terbuka lebar dengan partai lain yang ingin bergabung," tegas Hasto.

Berdasarkan survei Poltracking Indonesia empat nama kandidat terkuat dalam konstetasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 ialah Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dengan presentasi 30,89 persen disusul Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebesar 26,20 persen, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di angka 18,29 persen dan Abdullah Azwar Anas sebesar 8,09 persen.




(AZF)