Sudirman-Ida Ucapkan Selamat atas Kemenangan Ganjar-Yasin

Mustholih    •    Senin, 09 Jul 2018 18:56 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Sudirman-Ida Ucapkan Selamat atas Kemenangan Ganjar-Yasin
Calon gubernur Ganjar Pranowo (kiri) dan Sudirman Said (kedua kanan) menyaksikan calon wakil gubernur Taj Yasin (kedua kiri) dan Ida Fauzia (kanan) berjabat tangan saat Debat Terbuka Pilkada Jawa Tengah di Ballroom Hotel Patra, Semarang, Jawa Tengah

Semarang: Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said dan Ida Fauziyah, mengucapkan selamat atas kemenangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Jateng 2018. Ganjar-Yasin ditetapkan Komisi Pemilihan Umum menang dengan memperoleh 10.362.694 suara.

"Kepada pasangan calon nomor satu, kami berdua beserta seluruh partai pendukung dan relawan mengucapkan selamat bekerja mengemban amanah seluruh warga Jawa Tengah," kata Sudirman Said di Semarang, Jateng, Senin, 9 Juli 2018.

Menurut Sudirman, tahapan Pilkada Jateng sejak persiapan hingga proses penghitungan suara relatif berjalan lancar. Sudirman mengapresiasi kedewasaan masyarakat Jateng dalam mengelola perbedaan pilihan di Pilkada kemarin.

Meski begitu, Sudirman menilai gelaran Pilkada Jateng turut menyisakan empat catatan penting. Pertama, soal potensi daftar pemilih tetap (DPT) bermasalah yang mencapai 3,7 juta orang.

Kedua, terbatasnya sosialisasi pasangan calon yang disebabkan kegagalan KPU Jateng menyelenggarakan lelang alat peraga kampanye sampai tiga kali. Ketiga, sejumlah lembaga survei yang dianggap Sudirman membangun persepsi yang merugikan dirinya dan Ida Fauziyah. 

"Keempat, disinyalir terjadi tekanan kepada sejumlah pihak yang akan memberikan bantuan. Bahkan pada saat-saat terakhir yang amat menentukan, uang konsumsi untuk saksi pun mengalami semacam sabotase," terang Sudirman.

Sudirman mengaku empat catatan ini dikeluarkan bukan dimaksud sebagai sikap menerima kekalahan. "Malahan justru dalam keterbatasan dan tekanan yang kami alami jumlah suara yang kami peroleh sejatinya adalah suatu kemenangan intrinsik," tegas Sudirman.

Seperti diketahui, rekapitulasi hasil suara KPU Jateng menyatakan  pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen dinyatakan unggul suara dari pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah. Ganjar-Gus Yasin meraih 58,78 persen suara masyarakat Jateng dan Sudirman-Ida harus rela mengantongi 41,22 persen suara. Ganjar-Gus Yasin meraih 10.362.694 suara, sedangkan Sudirman-Ida mengantongi 7.267.993 suara.

Sudirman mengucapkan terimakasih kepada warga Jateng yang telah dirinya dan Ida Fauziyah. "Kami haturkan terima kasih atas kepercayaannya. Kami yakinkan di sini, kepercayaan itu tak akan kami sia-siakan," jelas Sudirman.


(ALB)