Jabar dan Indonesia Timur Rawan Konflik Jelang Pilkada

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 10 Oct 2017 09:01 WIB
pilkada serentak
Jabar dan Indonesia Timur Rawan Konflik Jelang Pilkada
Kapolri Jenderal Tito Karnavian/ANT/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Semarang: Jawa Barat dan Indonesia bagian timur seperti Papua dan Kalimantan Barat mendapat perhatian khusus pada Pilkada Serentak 2018. Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah memetakan peta kerawanan politik di tiap daerah yang bakal melaksanakan pilkada.

"Daerah-daerah tesebut dinilai rawan, lantaran mempunyai wilayah yang cukup luas dan potensi isu SARA yang cukup kuat," kata Tito, Selasa 10 Oktober 2017.

Wilayah-wiilayah tersebut bakal lebih ketat dari sisi keamanan. Ia juga sudah menginstruksikan jajarannya mendekati stakeholder pilkada di wilayah masing-masing. Pendekatan terhadap tokoh agama pun harus segera dilaksanakan.

Tito juga mengingatkan media massa lebih arif dan bijak menyajikan pemberitaan. "Ini supaya suhu politik pada pilkada tetap terpelihara dan tidak memanas," tutur Tito.

Mantan Kepala BNPT itu bakal memberi sanksi tegas kepada jajarannya yang tidak dapat menjalankan tugas dengan baik. Ia bahkan tak segan mengganti pejabat yang tidak dapat bekerja maksimal dalam mengamankan wilayahnya. Sebaliknya, apresiasi bakal diberikan kepada jajaran yang telah bekerja optimal.


(OJE)