461 Calon Anggota Panwas se-Jateng Gugur saat Tes Tertulis

Mustholih    •    Sabtu, 15 Jul 2017 16:25 WIB
pilkada 2018
461 Calon Anggota Panwas se-Jateng Gugur saat Tes Tertulis
Komisioner Bawaslu Jateng memantau ujian tertulis seleksi panwas pada 35 kabupaten/kota di Jateng -- dok.Bawaslu Jateng

Metrotvnews.com, Semarang: Ratusan calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah berguguran pada tahap ujian tertulis. Dari 959 calon panwas yang mengikuti tes tertulis, 498 orang dinyatakan lolos ujian dan berhak mengikuti tahapan seleksi lanjutan berupa tes wawancara.

"Sebanyak 461 pendaftar dinyatakan gugur karena tidak lolos tes tertulis," kata Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah Teguh Purnomo di Semarang, Sabtu 15 Juli 2017.

Tes tertulis diselenggarakan pada Kamis 13 Juli 2017, di Kantor Bawaslu Jawa Tengah, Semarang. Nama-nama calon yang lolos ujian tertulis dapat dilihat di situs resmi Bawaslu Jawa Tengah.

Menurut Teguh, tes wawancara calon anggota panwas bakal diselenggarakan pada 17-20 Juli 2017 di Hotel Laras Asri Salatiga, Jawa Tengah. Namun, untuk peserta dari Jawa Tengah bagian selatan bisa mengikuti tes wawancara di Hotel Grand Artos, Magelang, pada tanggal yang sama.

"Tim seleksi akan melakukan wawancara kepada para calon panwas secara bertahap," ujar Teguh.

Pada tes wawancara, lanjut Teguh, tim seleksi akan menyaring calon anggota panwas untuk 35 kabupaten/kota se-Jateng menjadi enam peserta. "Enam nama itu akan diserahkan kepada Bawaslu Jateng. Kemudian, Bawaslu Jateng akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan guna memilih tiga orang panwas terpilih," terang Teguh.


(NIN)