Warga Cilegon Diupah untuk Lipat Surat Suara

Batur Parisi    •    Rabu, 25 Jan 2017 12:51 WIB
pilkada
Warga Cilegon Diupah untuk Lipat Surat Suara
Warga melipat surat suara di Cilegon, MTVN - Batur

Metrotvnews.com, Cilegon: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon, Banten, mempekerjakan 71 warga untuk melipat surat suara Pilkada Banten. Setiap pekerja mendapat upah Rp125 untuk melipat selembar surat suara.

Pelipatan surat suara berlangsung di aula Kantor KPU di Jalan KH Abdul Latif, Cilegon, mulai Selasa 24 Januari. KPU menargetkan proses peliputan rampung dalam waktu empat hari.

"Targetnya segera rampung pada 28 Januari mendatang," kata Fathullah seperti yang ditulis Metrotvnews.com, Rabu (25/1/2017).

KPU Cilegon mendapat 288.707 lembar surat suara Pilkada Banten. KPU memberdayakan warga setempat untuk melipat surat suara. KPU memberikan upah pada warga yang melipat surat suara.

Fathullah mengaku menemukan surat suara rusak. Beberapa surat suara sobek, ada pula yang kecipratan tinta. Namun Fathullah mengaku masih belum dapat menyebutkan jumlah surat suara yang rusak.

"Nanti akan kami rekap semuanya. Jumlah yang rusak itu selanjutnya akan kita laporkan ke KPU Provinsi untuk meminta pergantaian," jelasnya.

Sementara itu, staf Panwaslu Kota Cilegon Junanda memantau proses pelipatan surat suara. Ia menilai proses pelipatan berlangsung lancar.

Noprijal mengaku sengaja mengikuti kegiatan melipat surat suara. Apalagi, ia mendapat upah.


(RRN)